Wednesday, January 14, 2015

Filled Under:

Biaya Kuliah di UNAIR





Biaya Kuliah di UNAIR - Biaya kuliah merupakan salah satu hal yang sebaiknya dijadikan pertimbangan dalam menentukan kampus yang diinginkan. Namun bukan berarti, biaya kuliah yang berada di luar jangkauan secara ekonomi membuatmu mengurungkan niat untuk kuliah di suatu perguruan tinggi, karena mulai tahun 2014, pemerintah menerapkan kebijakan uang kuliah tunggal, yang artinya biaya kuliah akan disesuaikan dengan kemampuan orang tua / wali. Harusnya sih kebijakan ini, apabila dijalankan dengan baik, akan sangat membantu mengatasi masalah biaya kuliah bagi mahasiswa.


sumber: feb.unair.ac.id
Biaya Kuliah di Universitas Airlangga (UNAIR), sama seperti semua PTN lain, menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). UKT merupakan sistem pembiayaan kuliah, dimana semua komponen pembiayaan seperti uang gedung, SPP, uang almamater, uang praktikum, dan biaya-biaya pokok atau penunjang lain dilebur menjadi satu dan dibagi rata dalam 8 semester. Kemudian dari total pembiayaan kuliah, dibuat layering / kelompok untuk masing-masing mahasiswa, sesuai dengan kemampuan orang tua/wali. Tetapi ada sedikit perbedaan antara sistem UKT Unair dengan PTN lain / peraturan pemerintah. Tidak seperti PTN lain yang membagi UKT menjadi 5 kelompok / layer, UNAIR membagi UKT menjadi 10 kelompok / layering, yaitu UKT 1, UKT 2, UKT 3, UKT 4, UKT 5, UKT 6, UKT 6A, UKT 6B, UKT 6C dan UKT 7. Selain itu UKT di UNAIR masih terdapat komponen pembiayaan yang tidak tunggal, yaitu untuk mahasiswa yang diterima melalui Jalur Mandiri.

Jadi ada perlakuan biaya bagi mahasiswa yang diterima di Jalur SNMPTN / SBMPTN dan Jalur Mandiri, seperti yang tergambar dalam gambar disamping.

UKT Unair untuk SNMPTN, SBMPTN, Mandiri
Pada tahun 2014, besaran besaran UKT S1 di UNAIR untuk mahasiswa  sebagaimana berikut:
  • UKT 1 sebesar Rp500.000/semester untuk semua jurusan (termasuk kedokteran), 
  • UKT 2 sebesar Rp1.000.000/semester untuk semua jurusan (termasuk kedokteran), 
  • UKT 3 bervariasi tiap jurusan antara Rp2.000.000 s.d. 7.500.000/semester, 
  • UKT 4 bervariasi tiap jurusan antara Rp4.000.000 s.d. 7.500.000/semester
  • UKT 5 bervariasi tiap jurusan antara Rp6.000.000 s.d. 20.000.000/semester
  • UKT 6 bervariasi tiap jurusan antara Rp7.500.000 s.d. 25.000.000/semester
  • UKT 7 sama untuk semua jurusan yaitu 2.400.000/semester

Biaya di atas merupakan biaya yang dibayar setiap semester, dan tidak ada biaya lain yang dipungut diluar angka tersebut. Besaran lengkap UKT UNAIR untuk yang diterima melalui SNMPTN / SBMPTN 2014 masing-masing jurusan bisa dilihat disini

UKT Unair 2014

UKT Unair 2014


atau bisa juga kamu download file nya disini
UKT UNAIR 2014 SNMPTN SBMPTN

Sedangkan UKT 6A, 6B dan 6C adalah UKT yang dikenakan untuk mahasiswa baru yang diterima melalui jalur mandiri. Komponen biaya UKT tersebut terdiri dari UKS dan UKA. UKS : Uang Kuliah Semesteran (Dibayarkan setiap Semester), UKA : Uang Kuliah Awal (Dibayar sekali pada waktu masuk) atau istilah lainnya uang pangkal. Untuk UKT 6A tidak terdapat UKA.

Berikut ini daftar biaya kuliah yang dibayarkan bagi yang diterima di S1 UNAIR melalui jalur mandiri untuk kelompok jurusan IPA
Biaya Jalur Mandiri Unair IPA

Berikut ini daftar biaya kuliah yang dibayarkan bagi yang diterima di S1 UNAIR melalui jalur mandiri untuk kelompok jurusan IPS
Biaya Jalur Mandiri Unair IPS

Penentuan seorang mahasiswa masuk UKT berapa dilakukan setelah pendaftaran ulang. Jadi ketika pendaftaran Ulang dipersyaratkan untuk membawa dokumen-dokumen dan keterangan terkait dengan harta dan penghasilan orang tua sebagai acuan dalam penetapan UKT. Apabila sekirangnya kurang sesuai dengan kemampuan orang tua kamu bisa menghubungi BEM UNAIR untuk meminta bantuan pengajuan banding. Untuk jalur mandiri, kamu bisa mengajukan UKT sebelum daftar.

Demikian informasi mengenai biaya kuliah di UNAIR tahun 2014. Semoga bisa menjadi gambaran bagi kamu yang pengen kuliah di UNAIR.

sumber:
http://ppmb.unair.ac.id/id/site/mandiri
http://www.feb.unair.ac.id/images/tpniceslideshow/original/285766083.jpg




2 comments:

  1. ka cara mo nentuin kita di golongan (6a/ 6b/ 6c) lewat jalur mandiri gimana? aku kan lagi ngisih surat pernyataan kesanggupan membayar, trus disuru ngisi gol bayarnya. aku bingung itu cara mo nentuin kita ada di golongan mana gimana?

    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikira kira sendiri aja, misal ortumu golongan 6c keberatan atau engga, kalo keberatan ya 6b atau 6a

      Delete